Senin, 13 Januari 2014

Apa itu Biopsi Sumsum Tulang? Prosedur, Resiko & Biayanya

Amazine | Online Popular Knowledge
email Apa itu Biopsi Sumsum Tulang? Prosedur, Resiko & Biayanya
biopsi sumsum tulang Apa itu Biopsi Sumsum Tulang? Prosedur, Resiko & BiayanyaSumsum tulang adalah jaringan lunak dan berlemak yang terdapat dalam rongga hampir semua tulang.
Jaringan ini memainkan peran utama dalam pembentukan sel darah.
Dalam biopsi sumsum tulang, jaringan lunak dari bagian dalam tulang diekstrak untuk tujuan diagnostik.
Apa itu Biopsi Sumsum Tulang?
Dalam kebanyakan kasus, biopsi sumsum tulang atau biopsi trephine disarankan karena terjadi pembacaan abnormal pada tes complete blood count (CBC) atau tes hitung darah lengkap.
Bisa jadi hasil tes menunjukkan sel darah putih (leukosit), sel darah merah, atau trombosit menunjukkan perbedaan dari sel-sel sehat.
Atau, mungkin juga jumlah ketiga sel darah tersebut tidak sesuai dengan jumlah normal.
Siapa yang Harus Menjalani Biopsi Sumsum Tulang?
Biopsi sumsum tulang lazim digunakan untuk mengidentifikasi kelainan darah seperti anemia, infeksi darah, leukemia, dan kanker sumsum tulang.
Orang yang dicurigai memiliki salah satu masalah tersebut diharapkan menjalani biopsi sumsum tulang.
Seorang pasien yang telah didiagnosis dengan kanker tertentu mungkin juga tetap perlu menjalani tes ini untuk mengetahui tahapan kanker atau respon tubuh terhadap pengobatan.
Persiapan
Sebelum tes, dokter akan memeriksa catatan medis pasien untuk menyingkirkan resiko medis yang mungkin timbul.
Pasien harus memberikan keterangan lengkap tentang sejarah medis yang berkaitan dengan reaksi alergi pada obat apapun, masalah perdarahan, atau tes yang sudah dilakukan.
Keterangan rinci akan membantu mengurangi kemungkinan komplikasi yang pada akhirnya menjamin keamanan prosedur.
Prosedur
Setelah memasuki ruangan tes, pasien umumnya dipersilahkan untuk berbaring tengkurap.
Anestesi akan diberikan di sekitar bagian tubuh dimana sumsum tulang akan diambil. Jarum biopsi lantas disuntikkan untuk mengambil sampel sumsum tulang.
Setelah tes, pasien biasanya akan diminta untuk tetap berada di posisi yang sama selama sekitar 15 menit. Dokter akan memberikan tekanan pada daerah tusukan jarum untuk mengurangi perdarahan.
Hasil
Hasil tes normal akan menunjukkan jenis normal dan jumlah normal dari sel-sel hematopoietik atau sel pembentuk darah, jaringan ikat, dan sel-sel lemak.
Di sisi lain, hasil abnormal akan menunjukkan salah satu atau beberapa hasil berikut: jumlah trombosit rendah, jumlah sel darah merah rendah atau tinggi, jumlah sel darah putih rendah atau tinggi, dan bentuk sel darah yang abnormal.
untuk melihat naskah asli, download disini

0 komentar:

Posting Komentar