Minggu, 12 Januari 2014


Penyakit Herediter atau Familial
Penyakit herediter disebabkan oleh kelainan herediter di dalam kromomsom  atau gen pada satu atau kedua orang tua yang diturunkan pada keturunannya. Kromosom yang berubah dapat menyebabkan dihasilkannya protein abnormal yang mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh yang penting. Salah satu contoh gangguan kromosom adalah sindrom down yang disebabkan oleh jumlah kromosom abnormal pada posisi 21.


Harus diketahui tidak semua penyakit familial (yang terdapat dalam keluarga) adalah herediter, beberapa penyakit dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang memajan suatu keluarga (misal, defisiensi gizi) sedangkan penyakit lain dapat diakibatkan dari mutasi gen baru pada keturunan.

Penyakit Kongenital
Penyakit kongenital terdapat pada saat lahir; beberapa diturunkan sedangkan yang lain dapat disebabkan oleh cacat perkembangan yang asalnya diketahui atau tidak diketahui. Tidak semua penyakit herediter adalah kongenital (terdapat saat lahir) dan tidak semua penyakit kongenital adalah herediter. Sebagai contoh, penyakit Huntington adalah herediter tetapi tidak bermanifestasi hingga usia pertengahan. Sindrom alkohol janin adalah kongenital  tetapi diakibatkan dari seseorang ibu hamil yang mengingesti alkohol.

Penyakit Toksik
Penyakit toksik disebabkan oleh ingesti racun. sebagai contoh, inhalasi karbon monoksida dari buangan kendaraan bermotor di dalam garasi yang tertutupdapat menyebabkan hipoksia jaringan dan kematian

Penyakit Infeksi
Diakibatkan dari invasi organisme pantogen hidup (misal, bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing darah, dan cacing)

Penyakit Traumatik
Disebabkan oleh cedera fisik, cedrea mekanis kasar, panas atau dinginn yang ekstrem, listrik, dan radiasi merupakan contoh-contoh agen fisik yang dapat mengakibatkan trauma tubuh.

untuk mendapatkan naskah asli, download disini 

0 komentar:

Posting Komentar